Header Ads

Kita Bisa Belajar Saham Dari Podcast Lho! Gimana Caranya?

Halo teman-teman semua. Artikel kali ini berbeda karena saya tidak menulis tentang belajar saham. Kali ini saya ingin memberitahu kepada teman-teman tentang podcast karena saya saat ini mulai mencoba untuk berbagi ilmu saya melalui podcast selain dari blog ini. Saya tertarik untuk membuat podcast karena selama ini saya sering mendengarkan podcast belajar saham. Cukup banyak sumber belajar yang bisa kita dapatkan dari podcast. Tapi sumber tersebut kebanyakan bersumber dari podcaster luar negeri yang berbahasa inggris sehingga rasanya sulit bagi beberapa orang yang kurang lancar berbahasa inggris untuk mendapatkan ilmu dari podcaster luar negeri. Maka dari itu saya ingin membuat podcast belajar saham sebagai salah satu referensi untuk anda yang sedang belajar saham namun tidak lancar berbahasa inggris. Podcast saya bisa di dengarkan melalui link ini: Calon Investor Sukses di Spotify dan di Anchor.


Bukan hanya sedikitnya jumlah podcaster dalam negeri yang membahas tentang belajar saham, tapi pendengar podcast pun kelihatannya masih sedikit jumlahnya. Mungkin banyak orang mendengarkan lagu melalui Spotify tapi dari sekian banyak penikmat musik di Spotify hanya sedikit yang mendengarkan podcast. Padahal sebenarnya untuk saya pribadi dan beberapa orang yang nyaman belajar melalui indra pendengaran, media podcast ini sangat bermanfaat sebagai media berbagi ilmu. Ya walaupun menonton video di YouTube lebih bagus mendapatkan pengalaman audio visual daripada hanya sekedar mendengarkan podcast. Tapi ada kelebihan tersendiri ketika mendengarkan podcast yaitu kita bisa mendengarkan podcast sambil menutup mata. Kalo kita ngantuk kita tidak bisa memaksakan diri menonton video di YouTube. Tapi kalo kita ngantuk kita bisa mendengarkan podcast sambil merem. Kalo takut ketiduran bisa atur timer untuk mematikan podcast atau mematikan HP dalam beberapa menit.

Pengalaman saya pribadi pertama kali mendengarkan podcast karena selama ini saya penikmat musik di Spotify. Setelah saya tau kalo di Spotify bisa mendengarkan podcast saya mencoba mencari podcast tentang Warren Buffett dan ternyata ada podcast dimana Warren Buffett berbicara tentang investasi saham. Dari situ saya mulai mencari-cari podcast lain tentang belajar saham. Salah satu podcast yang saya temukan adalah podcast yang berjudul Value Investing Podcast oleh Jun Kim, CFA. Salah satu episode dari podcast tersebut adalah episode yang membahas buku "Common Stocks Uncommon Profits" karya Philip Fisher dan saya menjadi lebih paham isi buku itu setelah mendengarkan podcast tersebut. Sebagai sumber belajar tambahan selain buku, podcast cukup membantu saya dalam meningkatkan ilmu saya tentang investasi saham.


Saya ingin coba menjelaskan bagaimana cara mendengarkan podcast bagi anda yang belum tau tentang Spotify, Anchor, dan sebagainya. Terutama saya ingin menjelaskan cara mendengarkan podcast melalui Spotify karena untuk saat ini podcast saya baru tersedia di Spotify dan Anchor.

Cara mendengarkan podcast di Spotify
Bagi anda yang belum tau apa itu Spotify, Spotify adalah sebuah platform untuk mendengarkan musik dan podcast. Aplikasi ini bisa digunakan dengan gratis dan bisa juga menikmatinya dengan membayar fitur premium dengan kelebihan tidak ada iklan, bisa skip lagu sepuasnya, bisa mendownload lagu sepuasnya dan bisa mendengarkan lagu yang berlabel VIP. Tapi secara umum semua orang bisa mendengarkan lagu dan podcast di Spotify. Khusus podcast tidak ada iklan dari Spotify tapi terdapat iklan dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan beberapa podcast berupa pesan sponsor di dalam episodenya.


Untuk mendengarkan Spotify, anda bisa mendengarkannya di Website Spotify atau download aplikasi Spotify di Play Store atau Apps Store. Lalu setelah itu anda harus daftar membuat akun terlebih dahulu di sini atau bisa juga langsung login dengan akun Facebook di sini. Setelah itu jika ingin mendengarkan lagu anda bisa langsung akses ke sini dan untuk mendengarkan podcast bisa di bagian ini. Jika anda ingin mendengarkan podcast saya anda bisa klik link ini atau bisa juga anda cari di kolom search dan ketik "Calon Investor Sukses" langsung ketemu podcast tersebut. dan anda bisa memilih episode mana yang ingin anda dengarkan di podcast tersebut.

Cara mendengarkan podcast di Anchor
Selain Spotify, anda juga bisa mendengarkan podcast di Anchor. Anchor ini berbeda dengan Spotify karena Anchor ini aplikasi yang memang dikhususkan mendengarkan podcast dan untuk membuat dan mendistribusikan podcast. Dari sini lah saya membuat dan mendistribusikan podcast yang saya buat. Anda bisa mendengarkan podcast Calon Investor Sukses langsung di Anchor melalui link ini. Di situ anda bisa langsung mendengarkan podcast tanpa harus login terlebih dahulu.


Untuk sementara podcast saya hanya tersedia di dua sumber tersebut. Nanti akan saya update lagi apabila podcast saya sudah tersedia di platform lainnya. Atau apabila sudah tersedia di platform lain, langsung ada link yang tersedia di Anchor di bagian 'listen in your favorite app'.

Sekian artikel kali ini. Saya akan tetap menulis blog ini walaupun jarang dan semoga dengan adanya podcast yang saya buat sebagai tambahan sumber berbagi imu bisa memberikan manfaat kepada teman-teman semua.

Terima kasih.

No comments

Powered by Blogger.