Header Ads

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Milyarder?

Halo teman-teman. Saya kembali lagi menulis blog ini setelah sekian lama tidak aktif belajar tentang investasi saham karena saya fokus menyelesaikan masalah dan belajar ilmu lain di luar ilmu tentang investasi saham. Salah satunya saya belajar dari kesalahan saya dalam membangun bisnis riil. Mungkin bisa dimaklumi saya melakukan banyak kesalahan ketika pertama kali membangun bisnis. Tapi sebenarnya kesalahan-kesalahan tersebut lebih disebabkan oleh pribadi saya yang kurang matang dan saya menyadari hal itu. Makanya saya selama beberapa bulan terakhir menghabiskan waktu untuk mengalahkan diri sendiri. Karena sebenarnya kita hidup dalam sebuah permainan di mana musuh terberat adalah diri kita sendiri.

Kali ini saya akan membahas tentang jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang 1 miliyar rupiah. Saya membahas ini karena beberapa minggu yang lalu saya memikirkan kembali tujuan finansial saya dan untuk membuatnya menjadi sederhana, saya ambil angka 1 miliyar. Jika kita mencapai 1 miliyar berarti kita sudah bisa disebut sebagai 'miliyarder'. Apakah angka ini terlalu besar atau terlalu kecil untuk masing-masing orang tentu berbeda, tergantung dari jumlah kekayaan masing-masing orang saat ini. Untuk saya pribadi angka ini merupakan angka yang sangat besar yang belum pernah saya liat secara langsung dengan mata kepala saya sendiri. 

Artikel ini sumbernya adalah dari curhatan pribadi saya yang saya tulis di website penzu.com. Website itu merupakan website untuk menulis diary secara online. Saya ingin bagikan ini karena mungkin bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Saya menulisnya dengan bahasa daeraah saya jadi mohon dimaklumi ya.

Langsung saja. Selamat membaca.

Oke, jadi gw udah nemu angka nilai goals secara spesifik. Sekarang pertanyaannya adalah tentang waktu. Berapa lama untuk mencapai tujuan tersebut?
Untuk mengetahui berapa lama, kita hitung dulu berapa pendapatan rata-rata. Biar lebih enak, gw pikir mending ambil dari angka pendapatan per kapita Indonesia tahun 2018. PDB per kapita tahun 2018 adalah sebesar 56 juta per tahun. Yang artinya itu sebesar 4,6 juta per bulan. Kalo itu adalah pendapatan bersih, berarti dengan 56 juta per tahun butuh waktu sekitar 18 tahun untuk mengumpulkan uang sebanyak 1 miliyar. Tapi sayangnya 4,6 juta per bulan itu harus dipotong dulu dengan biaya hidup dan sebagainya. Berarti kita harus potong biaya hidup dulu baru ketemu pendapatan bersihnya berapa. Baru abis itu itung berapa lama waktu untuk ngumpulin uang 1 miliyar dari pendapatan bersih itu. 
Begini rincian biaya hidup dari perhitungan moneysmart.id :
  1. Tempat tinggal : Rp 1,5 juta
  2. Konsumsi 3x sehari : Rp 20 ribu x 3 x 30 hari = 1,8 juta
  3. Transportasi : Rp 10 ribu x 2 x 22 hari kerja = Rp 440 ribu
  4. Estimasi biaya hiburan : Rp 50 ribu (1 x nonton) + Rp 250 ribu (2 x ngemall) + Rp 160 ribu (3 x ngopi cantik) + Rp 150 ribu (pulsa) = Rp 610 ribu
Total: Butuh setidaknya Rp 4,35 juta per bulan untuk hidup di Jakarta.
Jika dengan menggunakan rincian biaya tersebut, berarti dari 4,6 juta, tersisa 250.000 rupiah untuk ditabung per bulan dan 3 juta rupiah per tahun. Itu berarti butuh waktu 333 tahun untuk mengumpulkan 1 miliyar rupiah.
Tapi, itu kalo uangnya hanya ditabung. Beda lagi kalo uangnya diinvestasikan di saham. Kalo dengan alokasi 250.000 per bulan dan apabila kita berhasil mendapatkan return 20% per tahun secara konsisten, maka butuh waktu 25 tahun untuk mencapai angka 1 miliyar rupiah. Dan jika return yang dihasilkan itu sebesar 10% per tahun, maka waktu yang dibutuhkan adalah 38 tahun.
 Kalo mau lebih cepat lagi ada 3 cara. Yaitu :
1. Meningkatkan penghasilan per bulan
2. Mengurangi biaya-biaya per bulan
3. Meningkatkan return investasi
Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Dan doakan saya semoga saya bisa terus produktif membagikan apa yang saya pelajari tentang investasi saham di blog ini.

Terima kasih.

No comments

Powered by Blogger.