Header Ads

Analisa Fundamental PT. Mitrabara Adiperdana, Tbk


Selain industri konstruksi bangunan yang sedang hangat diperbincangkan, sektor lain yang juga sedang hangat diperbincangan yaitu sektor pertambangan. Seperti yang saya ceritakan pada artikel Portofolio Saya : Belajar dan Terus Belajar bahwa saya mulai membeli saham di sektor industri pertambangan batubara. Analisa fundamental kali ini akan membahas salah satu saham dari sektor pertambangan batubara, yaitu PT. Mitrabara Adiperdana, Tbk. (MBAP). Saham ini tidak banyak dibicarakan meskipun saham lain di industri pertambangan batubara sedang ramai diperbincangkan. Saya pun baru memperhatikan saham ini beberapa waktu yang lalu. Mari kita lihat bagaimana analisa fundamental saham MBAP ini.

Tentunya seperti biasa, DISCLAIMER pada setiap artikel yang ada di blog Investment Student selalu berlaku. Yang artinya kami tidak bermaksud untuk mengajak, meminta, atau memaksa para pembaca untuk membuat suatu keputusan tertentu dalam berinvestasi. Setiap informasi yang disediakan di blog ini hanya sebagai sarana pembelajaran dan berbagi pengetahuan untuk referensi para pembaca. Sehingga, blog Investment Student tidak bertanggung jawab terhadap segala akibat dari keputusan yang dibuat oleh para pembaca. Kalau rugi, tanggung sendiri. Dan kalau untung nikmati sendiri.. Boleh  juga bagi - bagi jika anda berbaik hati, hehehe..

Untuk informasi lebih lengkap mengenai MBAP silahkan kunjungi Website MBAP.


Model bisnis : pertambangan batubara
Sebagai salah satu perusahaan di industri batubara, MBAP ini jarang diperbincangkan. Padahal perusahaan lain yang sejenis sering kali diperbincangkan. Seperti misalnya PT. Bumi Resources, Tbk. (BUMI) yang diibaratkan seperti saham sejuta umat, PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) , Tbk. (PTBA) yang menghadapi isu penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) dari PT. PLN (Persero) (tapi saya tidak mengikuti bagaimana beritanya), PT. Adaro Energy, Tbk. (ADRO), PT. Harum Energy, Tbk. (HRUM), dan perusahaan lainnya. Mungkin karena memang MBAP ini perusahaan yang baru Go Public di Bursa Efek Indonesia, sehingga MBAP ini ibarat dipandang sebelah mata oleh para investor. Tapi apakah yang dipandang sebelah mata itu selalu jelek? Belum tentu. Justru MBAP ini memiliki kinerja yang bagus, walaupun memang baru IPO dan data keuangan yang belum sampai 5 tahun belum cukup membuat yakin apakah MBAP ini memang perusahaan yang bagus atau tidak.


Industri pertambangan batubara ini merupakan bisnis yang mendasar dalam menyediakan kebutuhan manusia, yaitu sebagai salah satu sumber daya utama yang digunakan untuk pembangkit listrik. Sampai saat ini sebagian besar sumber energi listrik dihasilkan dari bahan bakar fosil, salah satunya batubara. Karakteristik dasar ini membuat industri batubara termasuk pada kategori bisnis komoditas. Yang artinya persaingannya sangat ketat dan sulit bagi perusahaan batubara untuk menaikkan harga jual. Perusahaan batubara tidak bisa melakukan strategi diferensiasi produk dan menaikkan harga, melainkan hanya bisa fokus kepada strategi pemangkasan biaya atau low-cost efficiency strategy. Sehingga umumnya perusahaan batubara tidak memiliki moat atau keunggulan kompetitif yang kuat yang dapat membuat posisi perusahaan semakin kuat dan bertahan dalam jangka panjang.

Salah satu kriteria Warren Buffet dalam memilih saham adalah saham tersebut harus memiliki moat yang besar dan Warren Buffet cenderung menghindari saham komoditas. Jika mengacu pada kriteria Warren Buffet maka semua saham komoditas yang tidak memiliki moat atau keunggulan kompetitif yang bagus itu tidak layak untuk dimiliki dalam jangka waktu panjang. Termasuk saham - saham batubara yang disebutkan di atas dan MBAP sendiri. Saya pun awalnya beberapa kali melihat saham MBAP ini sepertinya menarik. Tetapi mengingat kriteria Warren Buffet yang menghindari saham komoditas, saya tidak mencari tahu lebih lanjut mengenai MBAP. Dan baru - baru ini saya mencari tahu lebih lanjut mengenai MBAP dan ternyata MBAP ini memiliki kinerja yang bagus. Sekilas, seperti ini perbandingan MBAP dengan beberapa saham batubara yang sudah disebutkan sebelumya. Saya mengambil data dari Aplikasi Online Trading Indo Premier.


Yang terlihat menonjol dari MBAP adalah Return on Equity (ROE) dan EV/EBITDA yang tinggi. Ini salah satu indikasi bahwa MBAP ini memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan perusahaan sejenisnya. Selain itu sekilas kita bisa lihat MBAP ini murah valuasinya jika dilihat dari PER yang hanya sebesar 3,06.

Jadi, walaupun sebenarnya saham batubara ini tidak masuk dalam kriteria moat Warren Buffet, MBAP tetap terlihat menarik dengan ROE yang sangat tinggi. Memang pada dasarnya bisnis pertambangan ini bisnis yang sulit, kompleks dan banyak variabel yang mempengaruhi kinerja bisnisnya, termasuk Harga Batubara Acuan (HBA) dunia yang banyak berpengaruh terhadap marjin laba perusahaan batubara. Hal lain yang menarik dari MBAP adalah mereka mulai masuk ke bisnis pembangkit listrik yang bersumber dari energi terbarukan melalui anak usahanya. Nanti akan kita bahas lebih lanjut bagaimana kinerja dari MBAP ini.

Manajemen
Komisaris Utama perusahaan yaitu Ibu Yo Angela Soedjana yang menjabat sejak tahun 2016 memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidangnya. Sebelumnya beliau menjabat posii Direktur Perusahaan sejak tahun 2011, Direktur PT. Baradinamika Mudasukses (2014 - 2016), General Manager PT. Hasil Bumi Kalimantan (2008 - 2010), Akuntan di Mondial Orient Limited (1992 - 2005) dan berbagai posisi strategis lainnya. Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Keuangan dari Universitas Indonesia. Direktur Utama perusahaan adalah Bapak Ridwan yang menjabat sejak tahun 2016 memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang tambang batubara.Beliau bergabung dengan Baramulti Group sejak tahun 2013, sebagai General Manager PT Baramulti Sugih Sentosa, sekaligus sebagai Direktur Utama di beberapa entitas anak Baramulti Group (PT Sumber Kurnia Buana, PT Bumi Sekundang Enim Energi, dan PT Batu Alam Selaras). Sebelum bergabung dengan Baramulti Group, pengalaman profesional Ridwan pernah menjabat sebagai Project Manager PT Pamapersada Nusantara untuk lokasi tambang Arutmin KINTAP (2012-2013), BANPU, Kutai Barat (2007-2011), Deputy Project Manager untuk lokasi tambang BANPU, Bontang (2003-2007) dan posisi strategis lainnya. Beliau memperoleh gelar Sarjana di bidang Pertambangan dari Institut Teknologi Bandung.


Perusahaan mempunyai Visi : Menjadi korporasi terkemuka berbasis energi berkelanjutan, berstandar kualitas kelas dunia dan berkontribuasi terhadap pembangunan masyarakat. Dan MBAP ini mempunyai strategi yang bagus, mereka fokus untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dengan menekan biaya - biaya operasional. Ini merupakan strategi yang tepat pada bisnis komoditas seperti ini. Karena perusahaan tidak bisa meningkatkan harga jual, yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah bagaimana caranya menekan biaya operasional sehingga marjin yang didapatkan akan lebih tinggi. Salah satu optimalisasi yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan pemanfaatan jam kerja yang efektif untuk menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem. Dan perusahaan juga membangun fasilitas Coal Handling Facility (CHF) sehingga menurunkan biaya loading batubara sebesar 17,36%.


Selain itu, perusahaan juga memiliki sistem manajemen standar mutu yang baik dengan sertifikasi ISO 9001:2008 (Quality Management System), sistem manajemen lingkungan dengan sertifikasi ISO 14001:2004 (Environmental Management System), dan sistem kesehatan dan keselamatan kerja (KKK) dengan sertifikasi OHSAS 18001:2007 (Occupational Health and Safety Mangement).

Perusahaan juga melakukan strategi diversifikasi usaha di bidang industri pembangkit listrik dengan energi terbarukan (Renewable Energy), pengusahaan hutan dan perkebunan energi sesuai dengan visi perusahaan yang ingin menjadi korporasi berbasis energi berkelanjutan. Ini merupakan hal yang bagus karena ke depannya cadangan batubara akan semakin menipis. Saat ini operasional utama masih di pertambangan batubara dan batubara masih menjadi salah satu sumber energi utama di dunia. Namun ke depannya, secara perlahan tapi pasti, energi terbarukan akan digunakan lebih banyak lagi.

Kinerja perusahaan
Selanjutnya mari kita lihat bagaimana kinerja perusahaan selama 4 tahun terakhir. Data 4 tahun mungkin belum cukup untuk membuktikan kinerja perusahaan, paling tidak 5 tahun. Tetapi sudah ada laporan semester pertama di tahun 2017 hasilnya menunjukkan bahwa perkembangan di tahun 2017 sangat bagus. Jadi, data selama 4 tahun ditambah data baru di semester pertama tahun 2017 cukup membuktikan bagaimana kinerja MBAP.


Pertumbuhan laba dan penjualan MBAP cukup bagus. Penjualan tumbuh sebesar 12,8% per tahun dan Laba bertumbuh 66,3% per tahun, lebih baik dibandingkan pertumbuhan penjualannya. Tingkat konsistensi pertumbuhan laba perusahaan sebesar 72,9%. Terjadi penurunan laba di tahun 2016 karena memang kondisi yang tidak bagus untuk industri tambang batubara karena turunnya Harga Batubara Acuan (HBA). Tetapi MBAP masih bisa mempertahankan laba tidak turun terlalu drastis dan masih meningkatkan efisiensinya.

Laba yang bertumbuh lebih baik dari pertumbuhan penjualannya menunjukkan adanya peningkatan efisiensi dan marjin perusahaan. Bisa kita lihat, marjin kotor perusahaan selalu meningkat setiap tahun. Bahkan di tahun 2016, di saat kondisi sedang memburuk perusahaan bisa meingkatkan marjin kotornya dan mempertahankan laba tidak turun drastis, marjin bersihnya turun tidak terlalu banyak, sekitar 1%.

Tingkat pengembalian terhadap modal atau Return on Equity (ROE) MBAP juga cukup bagus. Bahkan MBAP mampu mencapai tingkat ROE sebesar 57%. Tentunya ini angka yang fantastis. Namun perlu diperhatikan juga bagaimana konsistensi dari ROE ini. ROE MBAP fluktuasinya cukup tinggi, mengingat pertumbuhan labanya juga tinggi selama tahun 2013 - 2015, lalu turun di tahun 2016 dan ROE juga menurun. Tetapi di tahun 2016 pun ROE-nya masih termasuk tinggi sebesar 32,8%. Ini menunjukkan bahwa MBAP ini memiliki tingkat keuntungan atau profitabilitas yang tinggi. Ini yang membuat saya tertarik untuk membeli MBAP terlepas dari kriteria Warren Buffet soal menghindari saham komoditas.

Lalu kita lihat dari posisi keuangannya.


MBAP memiliki Aset Lancar yang banyak, 3,19 kali lipat dari Liabilitas/Hutang Jangka Pendek. Ini menandakan bahwa kondisi keuangan perusahaan masih sehat dan mampu untuk menjalankan kegiatan operasionalnya dengan efektif.

Sedangkan Hutangnya pun sedikit, hanya 26% dari jumlah Modal/Ekuitas. Menandakan bahwa perusahaan masih sehat dan aman dari risiko terhadap hutang. Hutangnya kebanyakan adalah Hutang Jangka Pendek. Hutang Jangka Panjangnya hanya sedikit.

Lalu kita lihat dari sisi arus kas perusahaan.


Arus Kas Operasi MBAP sejak 2013 selalu positif dan mengikuti laba bersih perusahaan. Ini menandakan bahwa perusahaan benar - benar menerima uang dari laba yang dihasilkan oleh perusahaan, yang selanjutnya laba tersebut dapat digunakan untuk kelancaran operasional perusahaan dan ekspansi perusahaan ke depannya.

Dan di sini bisa kita lihat, Arus Kas Untuk Investasi atau Belanja Modal perusahaan tidaklah besar, belanja modal terbesar ada di tahun 2013, selanjutnya belanja modal tidak terlalu besar. Ini menandakan bahwa perusahaan tidak memerlukan modal yang terlalu besar untuk mengembangkan perusahaannya. Menandakan bagaimana efektivitas dari bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Dan dari sisi Arus Kas Pendanaan, perusahaan menambah sedikit hutang di tahun 2013 dan 2014. Selanjutnya perusahaan membayar hutan - hutang perusahaan di tahun 2015 dan 2016. Ini menandakan bahwa perusahaan semakin aman dari ancaman terlilit hutang. Dan masih besar kesempatan perusahaan untuk menambah hutang apabila diperlukan dana yang besar untuk berekspansi.

Perkembangan di tahun 2017
Pada semester pertama di tahun 2017, laba bersih MBAP meningkat tajam, jika disetahunkan akan menghasilkan EPS sebesar USD 0,0559,- per saham atau Rp. 743,- per saham. Dan harga saham saat ini sekitar Rp. 2.380,- per saham dibagi dengan EPS disetahunkan tersebut akan menghasilkan PER hanya sebesar 3,2. Ini adalah PER yang sangat kecil dan menunjukkan bahwa harga saham MBAP ini masih undervalued. Walaupun rasio Harga dibanding Nilai buku/Ekuitas perusahaan sebesar 1,87 tidak termasuk dalam kategori murah. Tapi PBV yang tinggi ini wajar karena memang ROE perusahaan yang tinggi.


Sementara profitabilitas di tahun 2017 juga meningkat, dengan laba disetahunkan, marjin kotor sebesar 50,33%, marjin bersih sebesar 27,49%, dan ROE sebesar 59,48%. Angka - angka tersebut merupakan angka yang fantastis. Ini merupakan masa - masa terbaik perusahaan dan bisa jadi ke depannya tidak sebagus ini. Mungkin waktu yang lebih baik untuk membeli saham adalah pada saat terburuk atau pada saat - saat normal perusahaan. Tetapi kita tidak tahu apa dan bagaimana yang akan terjadi di masa depan. Untuk saat ini, saya masih merasa yakin untuk membeli saham MBAP di harga sekarang sampai pada level harga tertentu.

Dividen
Perusahaan mulai membagikan dividen sejak tahun 2014. Pada tahun 2016 perusahaan membagikan laba sebesar 45% dari modal. Dan pada tanggal 28 September 2017 kemarin saya menerima dividen dari MBAP sebesar Rp. 182,- per saham dan ini hanya dividen interim bukan dividen final yang artinya masih ada pembagian dividen lagi nanti untuk tahun buku 2017 ini. Hanya dividen interim tapi tingkat imbal hasil atau yield dari dividen interim tersebut sudah mencapai sekitar 8%. Untuk ukuran dividend yield itu merupakan yield yang sangat tinggi di atas rata - rata yield dividen saham lain yang berkisar antara 2% - 3%. Saya merasa beruntung karena sudah mulai melirik dan membeli saham ini sebelum pembagian dividen interim tersebut, sehingga saya masih sempat ikut merasakan keuntungan dari pembagian dividen.

Valuasi
Valuasi MBAP menjadi satu hal yang juga sangat menarik yang membuat saya ingin membeli saham ini. Karena memang valuasi merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam value investing. Sebuah saham akan semakin menarik jika harganya lebih rendah dari harga wajarnya. Dan seperti inilah valuasi saham MBAP.


Dengan valuasi Discounted Cash Flow pada asumsi normal, dengan EPS sebesar Rp. 335,- per saham, harga wajar perusahaan yaitu sebesar Rp. 4.721,- per saham. Dan asumsi pesimis yang digunakan menggunakan EPS tahun 2016 sebesar Rp. 294,- per saham menghasilkan harga wajar sebesar Rp. 2.465,- per saham. Lalu, jika menggunakan EPS tahun 2017 disetahunkan maka EPS-nya sebesar Rp. 700,- namun saya kurangi sedikit estimasi EPS disetahunkannya menjadi Rp. 536,- per saham dan harga wajarnya sebesar Rp. 7.051,- yang memberikan potensi keuntungan sebesar hampir 200%. Metode lain menunjukkan hal yang sama bahwa MBAP ini termasuk saham yang memiliki Margin of Safety (MoS) yang tinggi.

Sedangkan dari perhitungan Valuasi J. B. Farewell atau Clean Surplus Accounting menunjukkan potensi keuntungan 304% dalam 5 tahun dan 1.072% dalam 10 tahun. Target tersebut bisa tercapai apabila syarat - syarat ROE, laba ditahan, dan PER terpenuhi.

Rumus sakti
Saya menghitung rumus sakti dari laporan keuangan tahun 2016. Hasilnya Earning's Yield (EY) sebesar 15% dan Return on Capital (ROC) sebesar 39%. EY tersebut menunjukkan bahwa harga saham MBAP masih termasuk murah dan ROC tersebut menunjukkan bahwa MBAP menjalankan bisnis dengan tingkat keuntungan yang tinggi. Rasio keduanya menempatkan MBAP pada posisi teratas saham - saham yang saya pantau dan menunjukkan bahwa saham MBAP berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Kesimpulan
  1. Bisnis komoditas tidak memiliki moat yang bagus, tetapi sekilas MBAP terlihat lebih bagus dibandingkan perusahaan sejenis.
  2. Manajemen MBAP memiliki Visi yang bagus berkomitmen pada energi terbarukan. Strategi perusahaan yang fokus pada cost efficiency juga sangat bagus untuk diterapkan pada bisnis komoditas. Dan langkah MBAP untuk diversifikasi pada energi terbarukan merupakan langkah yang bagus.
  3. MBAP memiliki profitabilitas yang tinggi dan efisiensi yang selalu meningkat setiap tahun. Hutang sedikit, likuiditas yang baik, dan arus kas yang lancar menunjukkan bahwa perusahaan masih sehat dan memiliki poisi keuangan yang kuat.
  4. Pertumbuhan laba di tahun 2017 sangat fantastis, perusahaan mecapai kinerja terbaiknya saat ini. Walaupun ke depannya belum tentu sebagus ini, tetapi pertumbuhan saat ini menunjukkan kinerja perusahaan yang baik.
  5. Perusahaan membagikan dividen dengan yield atau imbal hasil tinggi yaitu  sekitar 8%. Bahkan itu hanya dividen interim bukan dividen final.
  6. Semua metode valuasi menunjukkan bahwa harga saham MBAP saat ini masih undervalued dan memiliki MoS yang cukup tinggi.
  7. Rumus sakti menunjukkan bahwa saham MBAP ini memiliki tingkat teratas dari saham yang saya pantau sehingga layak untuk dibeli.
Cukup sekian untuk artikel Analisa Fundamental kali ini. Semoga bisa menjadi referensi dalam keputusan investasi anda, namun bukan menjadi acuan utama, keputusan sepenuhnya berada di tangan masing - masing investor. Silahkan sampaikan komentar pada kolom komentar di bawah atau hubungi kontak saya yang berada di pojok kanan atas blog ini.

Terima kasih.

4 comments:

  1. boleh sharing excel pengerjaan valuasi nya pak? saya masih belajar jadi siapa tau bisa jadi contoh dan pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ke sumbernya saja pak di blog parahita.wordpress.com (saya menghormati sumbernya)
      Saya ambil dari situ, cuma saya modifikasi saya tambahkan sedikit dari yg saya pelajari.

      Delete
  2. mohon tanya kenapa saya tidak bisa melihat artikel nya? hanya bisa lihat judulnya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu biasanya karena ada AdBlocker yang memblokir iklan. Tapi AdBlocker tersebut malah blokir artikelnya keseluruhan bukan hanya iklannya. Biar bisa keliatan artikelnya harus non-aktifkan AdBloker pada blog ini, di sebelah kanan atas browser biasanya ada opsi AdBlokcer trus pilihannya "don't run on this page on this site" kurang lebih seperti itu. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi blog kami.

      Delete

Powered by Blogger.