Header Ads

Analisa Fundamental PT. KMI Wire and Cable, Tbk.

Pada artikel tentang portofolio saya kemarin, saya cerita bagaimana perubahan - perubahan pada portofolio saya. Salah satunya adalah pembelian saham PT. KMI Wire and Cable, Tbk. (KBLI) yang sekarang menjadi saham yang mendominasi porto saya. Saya menjual saham PT. Supreme Cable Manufacturing and Commerce, Tbk. (SCCO) dan membeli KBLI. Sudah saya jelaskan alasan kenapa saya menjual SCCO untuk membeli KBLI. Terutama adalah karena modal saya yang masih sangat terbatas sehingga tidak bisa membeli keduanya, harus memilih salah satu.


Dan untuk lebih jelasnya, saya akan membahas analisa fundamental KBLI. Sebuah perusahaan produsen kabel yang akhir - akhir ini dapet banyak pesanan dari proyek Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk informasi lengkap mengenai KBLI silahkan kunjungi di Website KBLI.

Model bisnis : Produsen kabel
Tentunya kita sudah familiar dengan kabel. Di jaman yang serba listrik ini kabel menjadi penopang kebutuhan perlistrikan. Mungkin kita tidak membeli kabel secara langsung. Tapi kebutuhan listrik yang semakin meningkat itu membutuhkan peningkatan pasokan kabel untuk PLN. Jadi, bisnis di industri kabel ini bisa dibilang selalu dibutuhkan dan meningkat tiap waktu seiring dengan meningkatnya kebutuhan perlistrikan. Ya, ini adalah bisnis yang menguntungkan.

Selain itu, industri kabel ini juga memiliki moat yang besar. Maksudnya adalah bisnis ini tidak mudah untuk dimasuki pemain baru. Pemain lama yang menjadi market leader kuat posisinya apabila pemain baru masuk ke dalam bisnis ini. Cukup sulit untuk memasuki industri ini karena membutuhkan teknologi produksi yang canggih dan efisien. KBLI dan SCCO adalah dua market leader yang menguasai industri kabel. Merek SCCO sudah terpercaya, sedangkan KBLI menjadi pemasok terpercaya PLN. Tentunya posisi tersebut bukanlah posisi yang mudah untuk didapatkan. Keduanya sudah puluhan tahun membangun merek dan kepercayaan.


Untuk prospek ke depannya, KBLI masih memiliki ruang untuk bertumbuh. Apalagi dengan adanya proyek PLN 35.000 MW berpotensi untuk meningkatkan laba KBLI secara signifikan. Tentunya kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin saja proyek PLN tersebut terhambat, atau bisa juga KBLI tidak memenangkan tender proyek tersebut. Yang bisa kita lakukan hanya menganalisa keadaan sekarang, bagaimana manajemen mengelola perusahaan, bagaimana kinerja perusahaan beberapa tahun terakhir, dan yang terpenting adalah valuasi, pastikan bahwa kita tidak membayar lebih mahal daripada harga wajarnya.

Manajemen perusahaan
Untuk info tentang manajemen perusahaan KBLI, Saya belum mengetahui lebih detail karena belum pernah hadir dan bertemu manajemen secara langsung. Jika dilihat dari laporan tahun KBLI 2016, kita bisa melihat informasi profil manajemen. Presiden Komisaris KBLI Pak Sudrajat yang menjabat sejak tahun 2010 ini memiliki rekam jejak yang baik. Sebelumnya, beliau adalah Duta Besar Indonesia di Beijing dan beliau memiliki gelar Master di bidang Administrasi Umum dari Universitas Harvard. Dan Presiden Direktur Pak Tony Wongsonegoro juga memiliki rekam jejak yang bagus. Beliau memulai karir di PT. Bank Lippo pada tahun 1989 - 2005 dan setelah itu menjabat posisi manajerial di beberapa perusahaan hinga akhirnya bergabung dengan KBLI pada tahun 2016 sebagai Chief Executive Officer (CEO) lalu diangkat menjadi Presiden Direktur. Beliau memiliki gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Nusantara dan Master of Business Law dari Universitas Pelita Harapan. Untuk sementara dapat disimpulkan bahwa manajemen memiliki reputasi yang baik.

Visi, misi, dan strategi perusahaan terbilang bagus. Visinya yang memantapkan posisi KBLI sebagai produsen yang maju, tangguh dan terpercaya sepertinya tercermin dalam kepercayaan PLN terhadap KBLI. Posisi KBLI saat ini yang menjadi salah satu pemimpin pasar menunjukkan bahwa manajemen membawa perusahaan searah dengan visinya. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan KBLI sangat baik.


KBLI juga mempunyai beberapa sertifikat dan penghargaan. Diantaranya yaitu, sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, sertifikat sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004, sertifikat sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) dan sertifikat Occupational Health and Safety Assessment Series (OHSAS). Perusahaan juga mendapatkan penghargaan Mitra Terbaik 2016 dari PT. PLN (Persero) UIP JBT II, Top 5 Electrical Supporting Company dari SWA, The Fastest Growing Companies Award dari Infobank, dan The Top 50 Companies for 2016 "Best of The Best Award" dari Forbes Indonesia. Sertifikat dan penghargaan tersebut menunjukkan bahwa KBLI merupakan perusahaan yang memiliki reputasi yang baik. Walaupun hal tersebut tidak bisa sepenuhnya menjadi patokan dalam berinvestasi, tetapi setidaknya kita bisa tenang memegang saham yang memiliki reputasi bagus.

Hubungan mitra kerja yang baik dengan PLN juga menunjukkan bahwa manajemen mempunyai strategi yang baik. Karena yang terpenting dari sebuah bisnis adalah hubungan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat. Tanpa adanya kerja sama yang baik tidak mungkin perusahaan bisa maju. Ini juga tentunya didukung dari sisi internal perusahaan itu sendiri. Tidak mungkin juga PLN ingin bekerja sama apabila KBLI tidak memiliki kualitas yang bagus. Pastinya manajemen juga terus meningkatkan mutu produk agar KBLI dapat terus dipercaya dan meningkatkan kerja sama dengan PLN dan pihak lain.

Kinerja perusahaan
Dilihat dari segi manajemen, KBLI memiliki sistem manajemen yang baik. Lalu, bagaimana dengan kinerja perusahaan yang dilihat dari laporan keuangannya? Simak data - data di bawah ini.


Dari sisi penjualan, KBLI memiliki pertumbuhan penjualan sebesar 11,2% per tahun dengan tingkat konsistensi sebesar 81,9%. Penjualan terus naik, hanya turun sekali pada tahun 2014. Dari dari sisi laba, pertumbuhan KBLI sangat fantastis di tahun 2015 dan 2016, setelah sebelumnya mengalami penurunan laba di tahun 2013 dan 2014. Secara rata - rata pertumbuhan laba KBLI sebesar 51,4% per tahun dengan tingkat konsistensi 47,2%.

Lonjakan laba yang sangat tajam di 2015 dan 2016 bisa menandakan bahwa KBLI lebih efisien dalam produksinya sehinga meningkatkan marjin laba yang tadinya di bawah 10%, pada tahun 2016 marjin laba menjadi 11,9%. Rata - rata marjin laba KBLI selama 6 tahun terakhir termasuk rendah. Secara umum memang industri kabel memiliki marjin laba yang rendah. Tetapi peningkatan marjin laba di tahun 2016 menunjukkan bahwa KBLI lebih unggul dibanding pesaingnya. Apabila KBLI dapat mempertahankan atau meningkatkan efisinesi di tahun - tahun berikutnya, posisi KBLI sebagai pemimpin pasar akan semakin kuat dan unggul.

Dari sisi pengembalian modal, ROE KBLI termasuk rendah, namun pada tahun 2016 ROE meningkat signifikan menjadi 13,5%. Ini merupakan hal yang bagus karena KBLI semakin profitable memiliki return yang lebih tinggi dibandingkan modalnya.

Lalu, dari sisi posisi keuangan seperti ini.


Dari tabel rasio likuiditas ditunjukkan rasio lancar sebesar 3,41 yang artinya bahwa tingkat kemampuan perusahaan dalam melunasi hutang jangka pendeknya tinggi. Ini berarti perusahaan aman dari masalah keuangan dalam jangka pendek.

Hutang perusahaan di tahun - tahun sebelumnya sangat dikit. Terlihat rasio hutang dibanding ekuitas (DER) yang sangat kecil dari tahun 2011 sampai tahun 2015. Lalu pada tahun 2016 KBLI menambah hutang dan DER menjadi 0,42. Tingkat hutang masih wajar, dan hutang tersebut menjadi leverage atau daya ungkit yang meningkatkan laba perusahaan.

Dari sisi arus kas.
 

Arus kas untuk operasi dari tahun ke tahun sejalan dengan laba bersih. Terlihat arus kas sesekali lebih kecil dari laba bersih dan sesekali jauh di atas laba bersih. Ini menunjukkan bahwa perusahaan benar - benar menerima kas dari aktivitas operasionalnya. Sehingga mudah untuk perusahaan melakukan ekspansi.

Untuk belanja modal, perusahaan tiap tahun meningkatkan belanja modalnya. Di tahun 2015 juga perusahaan menambah hutangnya. Ini merupakan hal bagus karena menandakan adanya ekspansi yang mengakibatkan bertumbuhnya laba perusahaan. Dan seperti yang diketahui sebelumnya bahwa pada tahun 2016 laba KBLI meningkat tajam. Sehingga pada tahun 2016 KBLI bisa kembali membayar hutangnya.

Perkembangan di tahun 2017
Pada satu semester pertama di tahun 2017 ini. KBLI menghasilkan pertumbuhan laba yang tinggi. Ini adalah hal yang bagus karena perusahaan di industri yang sama mengalami penurunan laba. Menandakan bahwa KBLI semakin unggul. Dari sisi posisi keuangan dan arus kas juga KBLI masih sehat dan kuat. Data di semester pertama cukup meyakinkan bahwa KBLI akan menghasilkan pertumbuhan laba yang bagus di tahun 2017.


Pembagian dividen
Perusahaan selalu membagikan dividen tiap tahun dengan rata - rata rasio pembayaran dividen sekitar 17% - 20% dari laba. Ini merupakan hal bagus karena selain menggunakan dana untuk berekspansi, perusahaan masih berkomitmen untuk membayar dividen. Pembayaran dividen pun tidak mengganggu perusahaan dalam berekspansi. Ini merupakan salah satu indikasi bahwa manajemen perusahaan memang baik.

Valuasi saham
Saat ini harga saham KBLI diperdagankan pada harga Rp. 402,- per lembar saham. Dengan laba per saham (EPS) tahun 2016 sebesar Rp. 83,- per saham, maka harga dibanding EPS (PER) adalah sebesar 4,82 - artinya harga saham sekitar 5 kali lipat laba. Dan nilai buku per saham (BV) tahun 2016 sebesar Rp. 329,76 per saham, maka harga dibanding nilai buku (PBV) adalah sebesar 1,22 - artinya harga saham lebih tinggi 22% dari nilai buku. Dilihat dari PER harga KBLI ini termasuk murah, walaupun PBV nya masih di atas 1 tidak murah namun juga tidak mahal. Jadi, saham KBLI termasuk kategori murah.

Mari kita lihat valuasi lebih lanjut dengan beberapa metode valuasi.

Formula Graham, DCF, dan PEG menunjukkan bahwa KBLI berada di bawah harga wajarnya (Undervalued). Ini memberikan Margin of Safety (MoS) di atas 50% yang artinya berada pada kategori sangat terdiskon dan layak untuk dibeli. Kalo dari valuasi Clean Surplus Accounting (CSA) terlihat kurang bagus. Ini dikarenakan rata - rata ROE KBLI yang rendah, karena valuasi dengan metode ini mengacu pada ROE.

Rumus sakti
Saya tambahkan perhitungan rumus sakti a la Greenblat yang sudah dibahas cara menghitungnya di sini. Earning's Yield (EY) KBLI adalah sebesar 18% dan Return on Capital (ROC)nya adalah sebesar 25%. Seperti yang dijelaskan oleh Joel Greenblatt bahwa EY dan ROC harus di atas tingkat bunga deposito dan harus pada peringkat teratas. Berdasarkan peringkat yang saya buat dari saham - saham yang sudah saya analisa. KBLI termasuk dalam peringkat teratas. Dan jelas angka tersebut jauh di atas tingkat bunga deposito. Jadi, saham ini bagus dari perhitungan rumus sakti.

Kesimpulan
Jadi, kesimpulannya adalah sebagai berikut.

  1. Model bisnis yang bagus dengan moat yang cukup besar. Posisi yang kuat di pasar dan prospek bisnis yang terus bertumbuh.
  2. Perusahaan memiliki sistem manajemen yang bagus. Manajemen menjaga hubungan baik dengan pihak PLN. Dan reputasi yang baik dengan berbagai sertifikat dan penghargaan.
  3. Kinerja perusahaan selama dua tahun terakhir sangat bagus. Pertumbuhan dan profitabilitas tinggi. Posisi keuangan dan arus kas sehat dan kuat.
  4. Perusahaan selalu membagikan laba dengan rata - rata 17% dari laba.
  5. Perusahaan termasuk dalam kategori murah.
  6. Perusahaan memiliki tingkat yang bagus dari perhitungan rumus sakti.
Seperti itulah analisa fundamental KBLI. Saya memborong saham ini ketika hari ini harganya jatuh. Harganya yang sudah sangat murah dan terus turun membuat saya semakin tertarik untuk membeli saham ini. Dan saham ini menjadi saham dengan porsi terbesar dalam porto saya. Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi dari laporan keuangan terbarunya menunjukkan bahwa KBLI memiliki kinerja yang bagus. Yang terpenting saya berinvestasi pada tingkat MoS yang aman sehingga risiko yang mungkin terjadi bisa diminimalkan.

Seperti biasa, dimohon untuk membaca DISCLAIMER pada bagian atas blog ini. Intinya yang menentukan keputusan investasi adalah anda sendiri. Tulisan ini hanya bertujuan sebagai edukasi dan referensi untuk anda bukan sebagai acuan utama dalam menentukan keputusan berinvestasi. Selalu lakukan riset anda sendiri dan yakini keputusan yang akan diambil sebelum menetapkan keputusan berinvestasi.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

No comments

Powered by Blogger.